Cara Beternak Domba Texel di Indonesia – Bogor

Untuk beternak domba broiler seperti Texel, tujuan utamanya adalah agar cepat gemuk dan besar. Apakah hanya terletak pada pola dan jenis pakan dombanya saja? Padahal, meski tidak hanya ditentukan dari pola dan jenis pakan, faktor-faktor tersebutlah yang paling penting.
Ada pula beberapa cara pemeliharaan yang berkaitan dengan perawatan, kandang dan kebersihan, serta kondisi fisik domba. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.
1. Pastikan kandang cocok untuk penggemukan.
Ada berbagai jenis kandang ayam pedaging berdasarkan umurnya. Ada kandang komunal untuk beberapa domba sekaligus di dalamnya, ada kandang individu untuk dipelihara. Penting untuk memperhatikan kandang agar hewan tidak stres.
Telah ditemukan bahwa stres dapat menyebabkan pertumbuhan domba berkurang. Faktor penyebabnya antara lain: kandang tidak nyaman, sering dilewati orang, sinar matahari tidak masuk, terlalu lembab/kering, sehingga kandang terlalu sempit.
2. Pola dan komposisi pakan domba yang seimbang
Pola dan komposisi pakan sangatlah penting. Semakin besar Texel, semakin besar pula kebutuhan nutrisinya. Nutrisi ini secara umum dibagi menjadi dua kategori: energi dan protein.
Adapun komposisi pakan secara umum ada 2 yaitu pakan konsentrat dan pakan hijauan. Pakan konsentrat mengandung ampas tahu dan bungkil kelapa. Ini juga termasuk jagung, singkong, dedak padi dan dedak padi. Pakan hijaunya antara lain rumput gajah, daun pisang, lamtoro, kaliandra dan daun lamtoro.
Konsentrat pakan dari bahan-bahan di atas tidaklah banyak, hanya sekitar 1-3% dari total bobot domba. Pakan hijau (yang merupakan pakan utama) menyumbang 10 hingga 25 persen dari bobot domba.
Peternak bebas menambahkan pakan lain asalkan sudah diuji secara menyeluruh atau berdasarkan pengalaman sebelumnya. Hal yang sama berlaku untuk pakan fermentasi atau buatan. Komposisi dan pola pakan perlu diperhatikan dengan baik, mengingat mahalnya harga daging domba Texel.
3. Perawatan Tubuh Fisik Domba
Berbeda dengan kambing, domba Texel memiliki bulu tebal dan berbulu di tubuhnya. Peternak juga harus memberikan perawatan fisik minimal dua kali seminggu. Beberapa anjuran perawatannya antara lain memandikan domba untuk membersihkan, merawat bulu dan memangkas kuku domba (umumnya setiap enam bulan sekali).
Semua yang terbaik Domba akan merasa lebih nyaman dengan tubuhnya dan tumbuh menjadi raksasa daging yang luar biasa.
4. Pengendalian Kesehatan Domba Texel Secara Reguler
Hal berikutnya yang perlu dilakukan peternak adalah mengontrol kesehatan domba Texel. Pastinya Anda sudah tahu apa saja yang harus diperiksa pada domba. Beberapa contohnya antara lain pada mata, hidung, mulut, kaki, anus, perilaku, dan gejala lainnya.
Pastikan mata, hidung dan mulut bersih (tidak ada lendir aneh). Keempat kaki domba harus mampu menopang badan agar leluasa bergerak, periksa juga bagian perut dan pastikan tidak berat sebelah. Anus dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit.
Peternak mampu melakukan pengendalian kesehatan dengan memperhatikan tingkah laku dombanya dan mengamati apakah wajar atau tidak. Isolasikan domba jika menunjukkan gejala yang tidak biasa. Anda dapat memindahkan domba yang sakit ke kandang isolasi khusus sebelum memeriksa lebih detail.
5. Bila perlu berikan suplemen dan vitamin
Langkah selanjutnya dalam beternak domba Texel adalah penggunaan vitamin atau suplemen khusus. Setiap peternak akan memiliki metodenya masing-masingd untuk memastikan pertumbuhan yang optimal. Anda dapat menggunakan suplemen yang dibuat oleh produsen, atau suplemen sayuran yang difermentasi.
Domba yang sakit membutuhkan pengobatan dan perawatan berkelanjutan. Jika Anda mendatangkan domba dari GB Farm, kami siap membantu memberikan arahan apa yang harus Anda lakukan. Pelayanan ini menunjukkan bahwa GB Farm Ngawi peduli dalam setiap pembelian.

GB Farm memiliki harga Domba Texel yang paling murah

Akhir kata jika anda tertarik meminang domba tipe Texel, golongan darah lengkap (100% murni asli dengan sertifikat peternakan Australia/Afrika). GB Farm dapat memberi Anda persilangan yang menghasilkan persilangan antara domba broiler super dan domba Texel.
GB Farm menawarkan berbagai layanan modern. Mulailah dengan jenis domba: Dorper, Awassi Garut, Merino Suffolk dan Texel. Juga jenis kambing seperti Boer, Anglo Nubians, Alps Saanen Pygmy Pygmy Pygmy dan kambing kurban. Peralatan yang digunakan dalam peternakan, atau untuk mengolah produk.
Di bawah ini adalah jenis-jenis domba texel beserta harganya berdasarkan kondisi masing-masing.
1. Domba Texel
Domba betina Texel di GB Farm tersedia mulai dari 1,5 juta saja! Harga ini merupakan salah satu yang terendah di Pasar Indonesia. Oleh karena itu, tempat ini ideal bagi peternakan yang ingin beternak atau membudidayakan domba broiler kelas dunia dari Belanda.
Ada dua jenis usia: 6-7 bulan, dan 8-10 bulan. Domba Texel betina ini merupakan hasil persilangan antara domba pedaging super yang terjamin kualitas unggulnya. Informasi lebih lanjut mengenai domba ini dapat Anda lihat di sini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-betina.html).
2. Domba Texel betina hamil
Pilihan selanjutnya adalah Texel yang hamil (dengan domba), atau Texel yang hamil (dengan Domba Dorper darah penuh). Texel Hamil Domba Mulai 3 Jutaan. Sedangkan hamil dari Dorper fullblood asli, mulai dari 5 juta.
Domba texel bunting harus memenuhi kriteria: berat badan maksimal 50kg, vaksinasi FMD 2x, indukan laktasi 1-3 kali, dan sehat 100%. Jaminan kehamilan dengan cek USG, informasi lengkap mengenai paket ini bisa langsung dicek disini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-bunting.html).
3. Domba Texel Persilangan
Domba texel hasil persilangan bisa menjadi produk yang sangat langka. Hubungi gibasbarokah.com untuk memastikan ketersediaan stok. Harga domba dewasa persilangan Texel berkisar antara 3 hingga 5 jutaan. Cek informasi dan ketersediaan Texel jantan blasteran di GB Farm.
4. Domba Fullblood Texel 100% Asli
Fullblood 100% asli merupakan produk domba Texel terbaik. Domba texel masih dibandrol dengan harga sekitar 50 juta rupiah, baik untuk jantan maupun betina. Semua keunggulan genetik bawaan Texel berada di dalam tubuh domba. Anda perlu melakukan reservasi terlebih dahulu karena impor langsung berasal dari peternakan di Afrika.
Kami selalu dengan senang hati memberikan Anda konsultasi gratis dan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Berikut panduan lengkap mengenai ciri-ciri, sejarah, perawatan domba texel, dan harganya di Indonesia tahun ini.
#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting