Ladies, Ini Cara Merawat Sneakers yang Tepat agar Awet

Sneakers merupakan salah satu jenis sepatu yang paling banyak digemari pria maupun wanita. Pasalnya, sepatu ini tidak hanya nyaman dipakai, namun juga stylish dan serbaguna. Kamu dapat menggunakannya dalam berbagai konteks, baik untuk sepatu sehari-hari, sepatu hang-out, hingga sepatu untuk berolahraga ringan. 

 

Nah, karena begitu fleksibel, tak heran kadang orang hanya pinjam satu sneakers untuk berbagai aktivitas. Tentunya jika sneakers digunakan terlalu sering dalam jangka waktu yang cukup lama, tak dapat dipungkiri kondisi sepatu akan menurun.

 

Namun, kamu tidak perlu khawatir, ladies. Sepatumu akan awet jika kamu bisa merawatnya dengan baik. Berikut adalah beberapa tips merawat sepatu sneakers agar tetap terlihat seperti baru.

 

Tips Merawat Sepatu Sneakers ala Buttonscarves 

Merawat sepatu sneakers memerlukan cara yang tidak sembarangan, lho, ladies. Buat kamu pecinta sepatu sneakers, yuk, simak cara merawat sepatu sneakers di bawah ini:

 

1. Kenali bahan sneakers

Pertama-tama, kamu harus mengenali bahan sepatu sneakers-mu dulu supaya bisa menyesuaikan perawatan yang diperlukan. Tidak semua sneakers memiliki bahan yang sama, sehingga diperlukan perawatan yang berbeda juga. Bacalah informasi detail sepatu yang biasanya tersedia di kotak sepatu atau deskripsi produk jika membeli secara daring.

 

2. Rajin membersihkan dan mencuci sneakers

Pastikan untuk membersihkan sepatu secara rutin. Meskipun setiap bahan diperlukan perawatan yang berbeda-beda, namun umumnya kamu dapat langsung membersihkan sepatu setiap kali terkena noda. Sikatlah secara perlahan bagian yang kotor sampai bersih. Hindari mencuci sepatu dengan cara direndam dalam deterjen karena akan merusak sol sneakers kamu.

 

3. Hindari jemur di bawah sinar matahari langsung

Sinar matahari yang panas memang dapat mengeringkan sepatu dalam waktu yang cepat. Namun, kamu juga harus berhati-hati karena sinar ultraviolet yang berlebihan dapat menyebabkan pudarnya warna sneakers. Hal ini tentu saja mengurangi estetika pada sepatu. Oleh karena itu, kamu bisa menjemurnya di tempat yang tidak terkena matahari langsung, seperti menjemurnya di tempat jemuran yang berkanopi.

 

4. Gunakan penyemprot pelindung

Saat ini, sudah banyak tersedia semprotan pelindung sepatu agar sneakers terhindar dari noda yang membuat kotoran menempel. Tips ini dapat menjadi alternatif paling praktis jika kamu memiliki mobilitas yang tinggi dan tidak sempat membersihkan sepatu menggunakan air hangat dan sikat gigi.

 

5. Simpan di tempat yang benar

Simpan sneakers di tempat yang kering, sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung. Kamu bisa meletakkan sepatumu di rak khusus sepatu dan jangan sampai menumpuknya dengan sepatu lain. Jika perlu, kamu bisa menggunakan bahan pengisi atau pembentuk sepatu untuk menjaga bentuk asli sneakers tersebut.

 

6. Bawa sneakers ke tempat perawatan sepatu

Cara merawat sneakers terakhir yang bisa kamu coba adalah membawanya ke tempat perawatan sepatu. Cara ini bisa menjadi opsi untuk kamu yang ragu dengan perawatan mandiri di rumah. Apalagi di era modern sekarang sudah banyak tempat jasa perawatan sepatu yang menyediakan laundry sepatu secara profesional. 

 

Baca Juga: Rekomendasi Alas Kaki untuk Si Pemilik Kaki Lebar

 

Itu dia, ladies, beberapa cara merawat sepatu sneakers. Tips di atas tidak begitu sulit dilakukan karena sebenarnya hal-hal tersebut merupakan cara sederhana dalam merawat sepatu kesayangan. Jika sepatu dirawat dengan baik, maka kamu dapat terus menggunakan sneakers kesayangan dengan kondisi seperti baru. 

 

Dakota Sneakers dari Buttonscarves

Buttonscarves Dakota Sneakers

Buttonscarves Dakota Sneakers

 

Apabila kamu ingin menambah koleksi sneakers yang kekinian, Dakota Sneakers dari Buttonscarves dapat jadi pilihan yang sempurna untukmu. Terbuat dari bahan sheepskin leather yang ringan dan lembut, kamu tidak akan merasakan rasa sakit atau lecet saat memakai sepatu ini seharian. Dilengkapi dengan motif monogram B dan hak 5.5 cm, membuat Dakota Sneakers tampak modern saat dikenakan. Kamu dapat memakai Dakota Sneakers untuk olahraga ataupun untuk melengkapi outfit smart casual-mu.